Featured

6 TIPS UNTUK PERENCANAAN TRAVELING

by - Mei 12, 2019

6 tips untuk perencanaan traveling


Mempersiapkan perencanaan traveling memang perlu, apalagi jika jaraknya jauh dan ke tempat yang belum kamu ketahui. Persiapan-persiapan ini perlu kamu lakukan, agar kamu siap menghadapi apa yang terjadi di lokasi tujuanmu dan menghindari hal terbahaya sekalipun.

Pernah saya melakukan perjalanan panjang tanpa perencanaan, membuat saya skip suatu tempat bagus di lokasi yang semestinya bagus untuk dikunjungi. Itu sebabnya, ada beberapa cerita perjalanan saya yang tidak diceritakan, karena tanpa perencanaan dan hasil yang memuaskan dari perjalanan yang dilakukan.

Maka dari itulah, berikut ini tips-tips yang harus kamu lakukan agar perjalanan kamu teratur, dan bijak dalam melakukan kegiatan traveling.

1. RISET


Sebelum kamu melakukan perjalanan, kamu perlu meriset perjalananmu di internet. Perlunya melakukan riset ini, agar menjadi referensi landasan kamu merencakanan kegiatan travelingmu. Kegiatan riset-meriset ini, bisa kamu cari dengan cara googling dan membaca-baca thread blog orang-orang yang melakukan ttraveling. Ambil pelajaran dari pengalamannya, apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu dihindarkan. Utamakan mencari risetnya yang benar-benar menceritakan pengalamannya dengan secara detail, hingga menceritakan share cost perjalanan agar menjadi referensi bagimu mengeluarkan dana yang cukup.

Atau pilihan lainnya, kamu bisa mengecek riset juga di forum traveling yang ada di sosial media. Biasanya banyak yang senang hati memberikan pengalamannya, dan memberikan masukkan untuk perencanaan yang sebaiknya dilakukan untuk perjalanannya.

2. SERING-SERING CEK APLIKASI AKOMODASI


Ini perlu bagi kamu untuk melihat harga-harga terbaik di tanggal-tanggal terbaik untuk kamu berpergian. Jika kamu sering memperhatikan,  kamu bisa mendapatkan celah untuk mendapatkan harga promo tiket pesawat, bahkan hotel yang harganya terlalu miring.

Untuk mudah mendapatkan promo-promonya, gunakan aplikasi travel yang baru rilis. Biasanya aplikasi baru dari perusahaan travel akan memberikan harga promo untuk mendapatkan user banyak. Hitung-hitung, kamu seperti ambassador aplikasinya secara tidak langsung.

3. BUATLAH SUSUNAN RENCANA JADWAL KEGIATAN


Walaupun belum pasti 100% saat melakukan traveling akan sesuai dengan jadwal, hal ini perlu bagi kamu untuk bijak secara waktu dan menjadi pertanggung jawaban atas dirimu sebagai penyusunan rencana. Buatlah rundown sebijak mungkin dengan destinasi-destinasi yang ingin kamu tuju sesuai dengan riset kamu, dan jadwal keberangkatan-tiba di lokasi.

Pembuatna susunan rencana jadwal atau rundown ini, penting juga untuk kamu disiplin waktu dan uang yang kamu persiapkan.

4. MENABUNG UANG


Ini adalah tips yang vital bagi kamu yang memiliki kendala soal uang. Keperluan traveling salah satu pokoknya adalah uang. Memang traveling bisa dilakukan semua orang tanpa harus memiliki uang banyak, tetapi dengan menabung uang, kamu bisa memback-up perjalananmu jika terjadi permasalahan secara finansial. 

Saya menyarankan bagi kamu, untuk menabung di celengan. Karena dengan menggunakan celengan, uang tabunganmu tidak berkurang sedikitpun karena potongan bunga dan uang administrasi bank. Namun tidak dapat dipungkiri juga jika mengalami pengurangan uang di celengan, apa bila kamu memiliki kebiasaan mengambil uang di celengan. Perlunya sikap bijak dalam tabung-menabung.

5. PELAJARI BAHASA LOKAL

Hasil gambar untuk talk
Sumber: Device Pharm.
Menurut saya, ini adalah perlu sekali. Selain kamu menghargai kebudayaan dan orang-orang lokal, dengan mempelajari bahasa lokal tujuanmu, kamu bisa menambah relasi dan mudah berinteraksi dengna penduduk sekitar. 

Tidak perlu harus mendalami begitu detail, cukup memahami percakapan-percakapan dasar seperti, "Halo", "Selamat Pagi", Selamat Jalan", "Terima Kasih" dan lain sebagainya. Selain itu, bagi kamu pemburu oleh-oleh, kamu bisa mendapatkan potongan harga oleh penjualnya. Cobalah tanyakan hal tersebut pada anak-anak rantauan pasti benar. (yaa walaupun gak bener 100% juga).

Untuk kamu yang traveling ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta, silahkan pelajari bahasa Jawa krama dasar untuk traveler.

6. BAWALAH BARANG SECUKUPNYA


Nah ini yang terakhir untuk kamu perhatikan baik-baik. Melakukan traveling memang memakan waktu, bahkan jika backpackeran kamu bahkan bisa berhari-hari, bahkan lebih untuk melakukan kegiatannya. Kamu perlu cukup bijak mengatur barang-barang bawaanmu untuk pergi. Jangan sampai kamu terbebani dengan barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan seperti baju yang terlalu berlebihan.

Untuk mengatasi barang-barang yang tidak perlu banyak dibutuhkan, carilah alternatifnya. Misalnya baju, kamu cukup bawa sejumlah pakaian yang terhitung dengan hari-hari kamu pergi (jika itu seminggu). Namun bila kamu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan melakukan perjalanan, kamu cukup mencucinya saja, jangan bawa pakaian satu lemari dimasukkan ke dalam carriermu. Berat. Mubazir.

Hal lainnya, bawalah barang-barang penting, dan memenuhi kebutuhan utama seperti perlengkapan P3K kecil, dan kamera untuk mengabadikan momen. Berikutnya bawalah barang-barang yang diperlukan saat sampai lokasi seperti tenda, snorkle, nasting, dan barang-barang lainnya yang diperlukan tergantung lokasi tujuannya.

You May Also Like

0 komentar