Featured

7 FILM TRAVELING YANG PERLU KAMU TONTON

by - April 30, 2018

Sumber:123RF
Tahukah kamu, bahwa penelitian mengatakan jika seusai menonton film, pola pikir kita akan berubah atau bekerja lebih optimal? Nah, visual-visual yang terasa nyata itulah membuat kita menemukan  referensi atau inspirasi seseorang untuk berkarya dan bertindak sesuatu.

Film yang bertemakan traveling juga banyak kok. Biasanya dengan menonton film traveling, kamu akan terinspirasi untuk mau jalan-jalan lagi, melihat geopolitik dunia, perbedaan budaya antar manusia, bahkan bisa mencintai alam sekitar.

Nah, tanpa basa-basi lagi inilah film yang bertemakan traveling.

1. Into The Wild (2007)


Film yang berdasarkan kisah nyata seorang backpacker yang kabur dari hiruk-pikuk kemegahan keluarga dan sosilita, bernama Christopher McCandless ini, bercerita tentang perjalanannya ke Alaska selama 2 tahun. Selain bercerita tentang perjalanannya, film ini menceritakan latar belakang keluarga dan alasan mengapa Chris melakukan perjalanannya.

Selama perjalanannya, ia bertemu beberapa hipster dan orang-orang beragam yang bersedia mengantarkannya untuk menggapai tujuannya. Chris juga mengajarkan beberapa orang tentang makna hidup sebenarnya dalam kesederhanaan tanpa harus hidup bergelimang harta. Hingga akhirnya, Chris menemui bus yang sudah tak terpakai di Alaska dan menjadikannya tempat tinggal.

Pelajaran berharga lainnya dari Chris adalah, ia memanfaatkan segala sesuatu dengan cekatan dan bertindak kreatif untuk bertahan hidup. Seperti bagaimana membuat peralatan yang penting tanpa harus membelinya, atau makan tanpa harus mahal-mahal belanja segala kebutuhan.


Akhir film ini dikisahkan, bahwa Chris mengalami krisis pangan karena tidak ada rusa untuk diburu di sekitar 'bus ajaib' yang ia tinggai. Hingga akhirnya, Chris berusaha untuk makan dari tumbuhan. Sayangnya, tumbuhan yang ia makan ternyata adalah tumbuhan beracun bernama Hedysarum mackenzii (buncis liar), hingga Chris jatuh sakit dan perlahan-lahan meninggal.

Untuk mendokumentasikan perjalanannya, Chris mencatat perjalanan dan apa saja yang ia lakukan selama pelariannya. Pada saat akhir hayatnya, 2 bulan kemudian jenazah Chris ditemukan oleh seorang pemburu yang tidak sengaja menemukan 'bus ajaib' dan mencium aroma busuk yang ternyata adalah Chris yang sudah meninggal.

Film yang disutradarai Sean Penn dan diproduseri oleh Art Linson, Bill Pohlad, dan Sean Penn sendiri, ini berhasil mendapat respon positif dari kritikus film. Selain itu, film ini juga mendapat untung sebesar $55,635,754.

2. Cast Away (2000)


Seorang pria bernama Chuck Noland, seorang eksekutif muda jasa pengiriman FedEx, harus bernasib sial. Chuck yang diperankan oleh Tom Hanks, mengalami kecelakaan saat berpergian menggunakan pesawat. Syukurnya Chuck berhasil selamat dari kecelakaan tersebut, dan terdampar di suatu pulau asing setelah terombang-ambing di lautan.

Berbagai macam cara oleh Chuck untuk bisa bertahan hidup di pulau tak berpenghuni. Ia juga selalu mencari cara agar meminta pertolongan, atau mencari cara untuk bisa keluar dari tempat terdamparnya.

Film ini hampir semuanya monolog, karena kondisi Chuck yang sendirian untuk bertahan hidup. Dalam monolognya juga ia menceritakan tentang kerinduannya terhadap istrinya, Kelly yang diperankan oleh Helen Hunt.

Walaupun film ini diproduksi oleh Century Fox dan Dreamworks ini memiliki cerita yang keren, film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis ini tidak mendapatkan penghargaan sekalipun bahkan dari Oscar.

3. 5 cm (2012)


Diadaptasi dari novel yang berjudul sama, film ini mengisahkan 5 sekawan, Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji). Mereka berdua merayakan kelulusan dengan mendaki kegiatan mendaki Gunung Semeru di Jawa Timur. Ternyata tidak hanya berlima saja, adik dari Arial, Dinda (Pevita Pearce), ikut dalam ekspedisi mereka.

Dalam kisah ini, dipenuhi drama percintaan rumit dan persahabatan dalam kawanan mereka. Ekspedisi ini dirayakan sebagai acara kelulusan kuliah 5 sahabat tersebut, kecuali Ian yang masih sibuk mengurus skripsinya yang keteteran karena teradiksi oleh game di komputernya.

Sepanjang pendakian, film ini berhasil mengenalkan kepada penontonnya tentang Gunung Semeru, termasuk trek pendakiannya yang dimulai dari Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Arcopodo, Kalimati, dan puncak Mahameru.



Film ini memicu trend di kalangan anak muda untuk berlomba-lomba mendaki gunung. Sayangnya,karena menjadi influence trend naik gunung, menyebabkan banyak pendaki pemula yang norak untuk mendaki gunung.

4. Haji Backpacker (2014)


Tokoh utama bernama Mada (Abimana Aryasatya) yang melakukan kegiatan backpacker untuk  memberontak pada Tuhan yang menyebabkan kematian ibunya, serta kepatah-hatian karena kehilangan seorang dicintainya.

Namun selama perjalanan dalam 9 negara yang dilaluinya, Mada malah menemukan kembali Tuhan melalui beberapa peristiwa yang dialaminya. Hingga akhirnya, kesadaran Mada akan Tuhan yang sebenarnya mencintainya muncul kembali dan membuatnya pergi menuju Mekkah untuk beribadah di sana.

Film ini disutradarai Danial Rifki yang dirilis pada 2 Oktober 2014.

5. 127 Hours (2011)


Berdasarkan kisah nyata seorang pendaki gunung dan petualang bernama Aron Ralston yang diperankan oleh James Franco, yang berpetualang di Canyonlands National Park, Utah. Selama petualangnya, ia sempat bertemu dengan Kristi (Kate Mara) dan Megan (Amber Tamblyn), hingga akhirnya berpisah karena awalnya, Aron hanya menguide mereka agar sampai ke tujuan mereka dan akhirnya berpisah.

Setelah berpisah, Aron mengalami musibah tergelincir jatuh dan tangannya terjepit di batu besar yang sulit dilepaskan. Selama terjebak, Aron terus berusaha berteriak meminta pertolongan, namun Taman Nasional tersebut terlalu besar dan tidak ada yang mendengarnya.


Aron mencari cara bertahan hidup selama terjebak. Karena Canyonlands adalah kawasan tandus dan lama tidak turun hujan, Aron harus menjaga dehidrasinya dengan meminum air seninya sendiri. Hingga akhirnya, Aron memutuskan untuk menggunakan pisau kecil yang dibawa dalam carriernya untuk memotong lengannya sendiri untuk bisa keluar dan melanjutkan perjalanan.

Film yang dirilis secara luas 28 Januari 2011 di Amerika Serikat ini,  mendapatkan respon positif dari kritikus film, dan laris berpenghasilan untung dari film yang disutradarai Danny Boyle ini sebesar USD60,738,797.

6. Everest (2015)


Film biografi (berdasarkan kisah nyata Mei, 1996) yang menceritakan cara pertahanan hidup, petualangan, dan bencana di ekspedisi pendakian gunung tertinggi di planet ini, Everest, yang ditokohi Rob Hall seorang pendaki asal Selandia Baru.
Dalam pendakiannya, Rob masuk dalam kelompok pendakian yang beranggotakan, Yasuko Namba (pendaki Jepang yang ingin mendaki Everest sebagai akhir ekspedisi World 7 Summits), John Krauker (seorang penulis), Doug Hansen (seorang pengantar pos yang sering mendaki Everest tapi tak pernah sampai puncak), Beck Weathers (seoramg miliuner). Rombongan tersebut dalam pendakiannya seringkali terkena masalah teknis hingga akhirnya kebersamaan mereka diuji di saat-saat genting pendakian.

Film ini laris di Indonesia, mengingat banyak peminat pendaki gunung di Indonesia begitu banyak. Sedangkan produksi film yang disutradari oleh Baltasar Komakur ini, mendapatkan keuntungan total USD202,4 Juta. Film ini dirilis tamggal 18 September 2015 di Amerika Serikat dan Inggris.

7. Mr. Bean Holiday (2007)


Film bergenre comedy ini, pastinya sudah kamu tahu tentang Mr Bean yang selalu membuat keonaran. Kali ini Mr Bean yang seperti biasa diperankan oleh Rowling Atkinson mendapatkan undian liburan ke Perancis, dan juga mendapatkan handycam untuk mendokumentasikan liburannya (Mr Bean sudah kenal vlog duluan rupanya).

Tujuan liburan Bean di Perancis adalah kota yang memiliki pantai indah, sekaligus tempat biasa festival film internasional diadakan, Cannes. Selama perjalanannya, Bean selalu bertingkah onar sejak tiba di Bandara Paris-Charlie da Gaulle.

Selain itu, ia juga harus bertanggungjawab menjaga seorang anak bernama Stepan, seorang putra dari Emil Dachevsky (Karel Roden) yang sebenarnya bagian dari acara Festival Film Cannes yang akan diadakan untuk menampilkan film perdana dari Carson Clay (Willem Dafoe). Alasannya gara-gara Bean, menyebabkan dan anaknya berpisah saat di kereta menuju Cannes.

Dalam petualangannya menuju Cannes, Bean dan bertemu dengan seorang aktris bernama Sabine (Emma de Caunes) yang memiliki mobil kodok hijau yang persis seperti punya Bean di London.

You May Also Like

0 komentar