Featured

KOPI SPESIAL DARI PAPUA YANG RAMAH DI DOMPET

by - Juni 08, 2018



Di antara gemerlapnya kemewahan suasana nongkrong Flavor Bliss, Alam Sutera, ada surga kecil buat penikmat kopi dengan budget murah. Memang agak aneh kalau sekilas dilihat-lihat pada menu di kedai kopi ini harga-harganya di kisaran Rp20.000 hingga Rp27.000 saja.

Kedai kopi yang bernama Papua Rocks ini tidak hanya aneh di harganya saja, kedai kopi ini memiliki konsep unik bertemakan Papua dan spesial kopinya juga dari Papua, terutama Papua Wamena. Konsep Papua pada kedai ini, disajikan dalam ruang minimalis 4x4 meter saja dan berisikan perlatan roasting, kulkas, perlatan penyeduhan kopi untuk espresso, manual brew, hingga lemari-lemari kecil yang digunakan untuk memaerkan persedian biji kopi yang dijual, dan aksesoris pakaian tradisional Papua yang diletakan seefisien mungkin.
Paul Darminto sedang mengocok kopi untuk disajikan

“Karena saya kelahiran Papua, jadi ada ikatan batin bagi saya dengan Papua untuk ide konsepnya,” kata Paul Darminto, pemilik kedai kecil tersebut.

Speciality bean coffee dari kedai Papua Rocks ini adalah kopi nusantara terutama Papua Wamena untuk ditawarkan ke konsumennya. Papua Wamena memang kopi yang unik, kopi yang dihasilkan memiliki kecenderungan mengeluarkan rasa rempah-rempah. Maka kopi ini cocok untuk orang Indonesia yang terbiasa dengan macam-macam jenis rempah-rempah. Tidak cuma itu, rasa rempah-rempah di kopi ini juga yang membuat kopi ini sangat cocok diminum saat cuaca sedang dingin. Rasa yang tidak terlalu asam pun, membuat kopi ini cocok diminum oleh segala kalangan, baik pecinta maupun tidak.


Kopi tersebut didapat dari distributor yang menjalin relasi dengan Papua Rocks dari event kopi di ICE yang memiliki koneksi di Jayapura yang terpercaya. Sedang kopi nusantara yang lainnya, kedai tersebut langsung datang ke petani untuk mengetahui kualitas dan memberikan harga beli yang pas dengan petani kopi.
Paul menjelaskan kalau target utama Papua Rocks sendiri adalah para remaja. Sebab pada umumnya, remaja membutuhkan moodbooster untuk kebutuhan menjalankan aktivitasnya agar lebih produktif. Maka, tak heran jika Papua Rocks juga menawarkan harga murah yang bisa dijangkau oleh penikmat kopi remaja, terutama mahasiswa yang budgetnya pas-pasan.


Seperti yang dijelaskan di awal, Papua Rocks menyajikan harga yang murah di tengah-tengah tantangan kafe-kafe yang besar yang harganya lebih mahal, seperti Singapore Kopitiam, Starbucks, dan restoran lainnya yang menyajikan kopi. Alasannya karena mayoritas pelanggan yang datang adalah orang-orang yang selesai berkuliner di Flavor Bliss, umumnya mencari minuman dengan harga yang tidak mendekati menu-menu makanan di restoran yang dikunjungi sebelumnya. Selain menurunkan harga, trik jitu dari kedai kopi yang bercirikan dari pulau cenderawasih tersebut, ialah memberikan pilihan atau customize kopi tergantung selera pengunjungnya.

“Jadi istilahnya kami sebagai tukang kopi itu kayak tukang jahit. Mau minta apa kita coba buat. Tidak seperti tempat-tempat lain yang tidak sefleksibel itu,” kata Paul.

Kopi Papua yang ada di kedai ini didapat dari distributor dari pameran kopi di ICE yang memiliki koneksi di Jayapura yang terpercaya. Sedang kopi nusantara yang lainnya, kedai tersebut langsung datang ke petani untuk mengetahui kualitas dan memberikan harga beli yang pas dengan petani kopi.

You May Also Like

0 komentar