Featured

TIPS MENULIS TRAVEL BLOGGING

by - Desember 09, 2018


Traveling memang lagi demam-demamnya sekarang. Terlebih dengan banyaknya referensi yang bisa digunakan di internet. Tapi buat kamu yang ingin menulis konten travel untuk artikel blog, atau esai, ada referensi buat kamu.

Penulisan travel dapat diartikan sebagai catatan atau laporan perjalanan yang ditulis untuk menyentuh pembaca. Penulisannya pun bisa menggunakan gaya berkisah, hingga penulisan feature.

Jenis penulisan travel untuk blog

Travel feature

Artikel populer simpel tentang perjalanan. Umumnya banyak dimuat di majalah, koran, blog, dan media online. Biasanya juga mengulas dengan sudut pandang penulis (cenderung subjektif).

Travel feature hanya membahas topik atau daerah tertentu, dan memiliki ciri khas sentuhan perasaan penulis.


Guide book

Panduan info tujuan wisata yang menjadi rekomendasi pembaca. Biasanya berisi rincian lokasi, alamat wisata, nomor telepon, harga, ulasan, akomodasi, ulasan restoran maupun penginapan, info historis dan budaya.

Contohnya: 



Travel journal

Catatan perjalanan yang dibuat pelancong/penulis dalam melakukan perjalanan. Ceritanya runtut, atau sesuai timeline, dari awal hingga akhir perjalanan.


Literature travel

Tulisan travel bisa dibuat menjadi cerita dalam bentuk karya sastra, seperti novel atau cerpen. Bisa berbentuk fiksi atau non-fiksi.


Topik

Topik pertama yang bisa kamu ambil adalah perjalanan. Mengulas kegiatan bepergian ke lokasi dan menekankan pada alat transportasi yang digunakan. Artikel ini pastinya, sangat bermanfaat untuk orang-orang yang ingin melakukan traveling.

Kumpulan wisata seperti artikel saya di TulisanKita.com, YUK TRAVELING NAIK KERETA API KE UJUNG JAWA juga bisa kamu ikuti. Mengulas beberapa tempat yang memiliki kesamaan, atau setema.

Bisa juga kamu membuat tips and trick. Membahas tentang tips dan saran-saran bagi para pelancong, yang bisa menjadi referensi pelancong yang berselancar di internet.

Terakhir, peristiwa atau hari raya. Artikel yang bisa kamu gunakan ini membahas seputar hari raya, atau peristiwa di kota tersebut. Bisa juga membahas tokoh penting yang memiliki peristiwa bersejarah di kota tersebut.


Langkah-Langkah Menulis Travel

  1. Kumpulkan inforamsi Kalau bisa sebanyak-banyaknya menenai suatu rute perjalanan.
  2. Tentukan dari informasinya Apakah tujuannya menghibur atau mengedukasi atau saran arahan perjalanan.
  3. Kumpulkan hal-hal unik Karena hal-hal unik dari suatu perjalanan dan destinasi, menjadi daya tarik untuk dibaca.
  4. Deskripsikan panorama Tuliskan opinimu mengenai pemandangan di sana.
  5. Gunakan wawasanmu tentang destinasi Tambahkan wawasan agar menjadi tips tambahan untuk pembaca saat melancong.
  6. Pasang foto instagramable dan informatif Foto instagramable menarik untuk dilihat, selain itu foto informatif bisa menjadi informasi tentang suatu momen atau kondisi destinasimu.
  7. Tulislah dengan gayamu sendiri Setiap orang memiliki gaya berbeda, buatlah seunik mungkin yang selaras dengan kaidah bahasa yang jelas, tanpa terbelit-belit.

Editing

Terakhir, jangan lupa menyunting tulisanmu. Apakah sesuai EYD, atau sesuai SEO kah? Karena tulisan travelmu menentukan pula kualitas blogmu, dan kuantitas kunjungan pembaca ke blog kamu.
Jangan lupa. Cek pula apakah foto kamu udah sesuai dengan tulisanmu. Selain itu, tentukan tone warnanya agar sesuai dengan foto-foto lain.

You May Also Like

0 komentar