Featured

by - Juli 08, 2019

Sambungan dari: Menggembel di Thailand, Part 2: Pak Chong

Usai sudah urusan belanja jastip di Bangkok, kami melanjutkan perjalanan menuju Pattaya dengan bus dari terminal Mo Chit. Dengan harga 128 Baht, dan estimasi perjalanan 2 jam. Bus ini berbeda dari Bangkok ke Pak Chong, walaupun petugasnya bisa berbahasa Inggris tapi tidak mendapatkan fasilitas minuman dan makanan ringan seperti bus menuju Pak Chong.

MENGGEMBEL DI THAILAND 3 (PATTAYA-DON MEUANG)

Bus ini berhenti di Roong Reuang Pattaya, sebuah terminal yang umum digunakan untuk ke dan dari Bangkok untuk menuju terminal Mo Chit maupun Ekkamai. Terminal di sini pun lebih terjaga dengan fasilitas toilet umum yang jelas, area merokok, dan tempat tunggu yang nyaman. Banyak Songthaew dan taksi yang bertebaran di sekitar sini yang siap menjemput wisatawan yang datang ke Pattaya dengan bus dari Bangkok.

Penginapan dan Transportasi

Penginapan kami bernama Sawasdee Sunshine, sebuah hotel yang lebih mewah daripada penginapan-penginapan sebelumnya. Karena sempat memenangkan lomba dari Tiket.com, dan mendapatkan voucher 1 juta, jadilah saya gunakan untuk memesan penginapan ini selama beberapa hari untuk mengeksplorasi Pattaya dan hanya membayar Rp29 ribu saja.

Baca Juga: Gili Trawangan Pulau yang Cocok untuk 'Mati' Kesamber Gledeknya Tiket.com

Untuk menuju penginapan dari Terminal Roong Reuang, biar lebih murah bisa menggunakan Songthaew. Songthaew seperti angkot dengan harga 50 Baht dari terminal pasti di antar sampai penginapan dengan jalur tertentu untuk menurunkan penumpang lainnya. Jika kamu tidak tahu nama lokasinya, kamu bisa naik Songthaew dan turun di sembarang tempat dengan tombol bel yang sudah tersedia di setiap sudut tempat penumpang Songthaew.

MENGGEMBEL DI THAILAND 3 (PATTAYA-DON MEUANG)

Sesudah sampai penginapan, kami harus check in dan membayar deposit 500 Baht. Jangan khawatir deposit 500 Baht itu akan dikembalikan saat check out. Enaknya di Sawasdee Sunshine, saat check in kamu diberikan sirup mangga sebagai ucapan selamat datangnya.

Pattaya di Malam Hari

Pada malam hari kedua saya tiba di Pattaya, saya mencoba berkeliling sekitar pantai Pattaya dan menuju selatan. Di malam hari, sekitaran pantai Pattaya banyak sekali wanita penghibur yang biasanya jadi langganan para turis, harganya sekitar 1000 Baht ke atas. Sedikit sekali yang menongkrong-nongkrong di pantai, karena tidak seperti siang hari yang menyediakan bangku untuk bersantai. Malam hari pantai Pattaya benar-benar tidak ada apa-apanya.

MENGGEMBEL DI THAILAND 3 (PATTAYA-DON MEUANG)

Semakin selatan, kamu akan masuk ke Walking Street, tempat yang hanya bisa diakses dengan jalan kaki. Walaupun jalanannya lebih luas daripada Khaosan Road, di sini tidak ada pula yang mendirikan kios tenda di bahu jalan, semua berjualan di gedung. Sepanjang jalanWalking Street banyak club malam dengan nuansa Thailand, India, dan Russia, banyak pula tempat-tempat hiburan malam seperti striptease untuk saweran atau biasa disebut Agogo. Di Walking Street ini menghubungkan pantai Pattaya menuju pelabuhan Pattaya untuk bisa ke Koh Larn.

Ada juga Night Bazaar Market yang berisi barang-barang murah di jalan menuju utara (karena jalan di Pattaya one-way)

Koh Larn (Pulau Larn)

MENGGEMBEL DI THAILAND 3 (PATTAYA-DON MEUANG)

Pada hari berikutnya, saya gunakan untuk berjalan ke Koh Larn bersama adik saya menggunakan trip yang sudah saya pesan jauh-jauh hari dengan Klook. Dengan Klook semua harga-harga trip menjadi lebih murah dan ada fasilitas antar-jemputnya dari dan ke penginapan. Untuk harga pastinya saya tidak bisa menjamin karena tergantung harga tukar Baht-Rupiah, tapi dengan Klook kamu juga bisa atur mata uangnya. Waktu itu saya sekitar 350an ribu rupiah.

Kami di jemput di penginapan pukul 8.50 pagi dengan Songthaew yang kemudian berkeliling untuk menjemput peserta trip lainnya. Setelah terkumpul, kemudian diantarkanlah kami ke pelabuhan. Mayoritas dari peserta trip yang kami ikuti berasal dari Asia Timur seperti Korea, Taiwan, dan Tiongkok.
Dengan trip ini kamu juga bisa parasailing dengan aman lho!

Trip kami include makan siang, island hoping, speed boat, dan snorkeling. Untuk snorkling, di Koh Larn menggunakan perahu besar yang tersedia prosotan dan trampolin. Ada banyak gabus-gabus dan balon-balon besar yang membuatnya laut seperti waterboom.

MENGGEMBEL DI THAILAND 3 (PATTAYA-DON MEUANG)

Kritik saya, hasil dokumentasi trip ini pecah fotonya. Mungkin karena orang Thailand sering menggunakan Line yang menaruh foto, karena Line sering sekali membuat foto yang sudah diunggah jadi pecah. Jadi wajar saja jika hasil fotonya seperti ini.

Wisata Pattaya

Tidak hanya Koh Larn, ada banyak wisata budaya dan buatan yang bisa dipesan melalui Klook. Sayangnya saya tak berkunjung ke sana. Ada tempat-tempat seperti Sanctuary of Truth, Float Market, Koh Pai, Cartoon Network Amazone, dan Pattaya Night Bazaar.

Balik ke Bangkok dan menuju Don Meuang

Usai berkeliling Pattaya, kami bergegas untuk pulang ke Bangkok. Setelah check out dan mengambil deposit, kami naik Songthaew dengan harga 10 Baht/orang menuju Terminal 21 Pattaya, sebuah mall di bundaran, kemudian dilanjutkan dengan Songthaew ke Roong Reuang Pattaya Terminal seharga 10 Baht/orang.

Setiap 30 menit pasti ada bus ke Bangkok tujuan Ekkamai maupun Mo Chit, sesuai dengan peronnya. Dengan harga 128 Baht, 2 jam perjalanan, kami sampai di Mo Chit Bangkok.

Bandara Don Meuang
Kami tiba di Mo Chit jam 8 malam, sedangkan penerbangan saya ke Jakarta jam 12 siang esok hari. Karena Mo Chit tutup sampai jam 11, dari Mo Chit kami langsung menaiki bus kota yang menuju Chatuchak Park dengan harga 8 Baht/orang. Jangan lupa bertanya-tanya pada petugasnya, petugas di sana bisa bahasa Inggris dan mau menolong wisatawan. Setelah turun di Chatuchak Park, kami naik shuttle bus nomor A1 dengan harga 8 Baht/orang juga untuk sampai terminal 1 internasional Bandara Don Meuang. Kami menginap di bandara dengan gratis. Esoknya, kami pulang ke Jakarta dengan gagah berani.

***

Jadi begitulah kawan-kawan petualangan menggembel saya sampai Pattaya hingga mendapatkan akomodasi yang bagus untuk menginap dan transportasi untuk pulang. Jika ada saran dan masukan untuk hemat, atau tempat wisata-wisata sekitar Pattaya, silahkan komentar.