Featured

TRANSPORTASI UMUM ALTERNATIF MURAH UNTUK TRAVELER

by - Februari 19, 2019

transportasi umum alternatif murah

Akhir-akhir ini sedang ramai karena transportasi umum pesawat harganya melonjak tinggi. Tentunya bagi banyak traveler susah untuk traveling murah.

Tapi jangan khawatir, berikut ini saya rekomendasikan transportasi umum murah yang bisa kamu coba untuk eksplor Indonesia.

Bus


Sebelumnya, saya ingin menyebutkan P.O bus murah untuk traveling, salah satunya Damri. Tapi kian hari, untuk hunting tiket bus murah semakin gampang dengan adanya aplikasi travel yang menyokong pencarian tiket untuk bus.

Bus memang transportasi umum yang murah. Bahkan saya pernah mendapatkan tiket bus Jakarta-Pangandaran cuma Rp25 ribu. Tapi ya, tetap saja namanya bus kamu jarus menyesuaikan dengan kelas bus yang kamu naiki. Ada yang VIP AC yang bertoilet, sampai yang bau sayur, kamu harus beradaptasi.

Bus juga menjadi transportasi yang makan waktu cukup lama, karena harus berhadapan dengan macet.

Travel / Van / Elf / Minibus


Apa pun itu, saya ringkas menjadi Elf saja. Elf adalah transportasi murah buat kamu yang tidak mau terganggu dengan orang-orang yang terlalu ramai seperti bus.

Tarif Elf cukup murah, bisa sekitar Rp 20 ribuan saja cukup bisa mengantarkan saya dari Sukabumi ke Geopark Ciletuh. Pengalaman lain, saya mendapat Elf Rp 30 ribu dari Denpasar menuju Gilimanuk. Tergantung pada jenis Elf apa yang kamu temui saat traveling.

Angkot


Oke, ini agak gila memang. Tapi angkot dari bahasanya yaitu akronim dari 'angkutan kota'. Transportasi ini bisa kamu temui di hampir setiap kota di Indonesia, bahkan antar kecamatan dalam sebuah kabupaten juga ada.  Buat kamu traveler yang mau nekat cara ini, dan memiliki stamina banyak untuk tidak ngantuk karena harus fokus dengan keadaan sekitar bisa dicoba.

Kamu traveling jarak jauh pakai angkot juga bisa, tentunya dari angkot ke angkot. Misalnya, kalau mau ke Bogor dari Kota Tangerang cobalah naik angkot Tangerang Kota-Gading Serpong, kemudian cari Gading Serpong-Parung, terakhir naik angkot Parung-Bogor. Simpel dan murah, karena setiap angkotnya setidaknya kamu akan mengeluarkan uang Rp 5 ribu saja, dan tanpa harus booking-booking dulu.

Kereta


Transportasi umum ini memang dikenal dengan harganya yang murah untuk jarak jauh. Cuma saja transportasi ini hanya bisa ditemui di Sumatera dan Jawa saja (katanya di Bali dan Sulawesi bakal ada). Harganya lebih murah dibanding pesawat, dan bebas macet karena memiliki jalurnya sendiri.

Tiket kereta api juga banyak yang jual. Beberapa aplikasi travel sudah menyajikan fitur penjualan tiket kereta api jarak jauh.

Kisaran harganya juga tidak terlalu mahal. Naik kereta api Jakarta-Jogja cukup dengan kisaran harga Rp 150 ribuan.

Kapal


Kalau kereta tidak bisa lintas pulau, kapal adalah jawabannya. Tidak semahal pesawat yang bisa mengeluarkan uang berjuta-juta untuk ke beberapa pulau, terutama kawasan Indonesia timur. Kapal laut bisa menjadi jawaban untuk kamu yang ingin traveling keliling Indonesia.

Walaupun transportasi ini lebih lama daripada pesawat, dan bikin kamu bosen karena harus melihat laut terus. Tapi di lain tempat, mungkin kamu bisa melihat pemandangan-pemandangan ketika berada di dekat beberapa pulau. Pengalaman saya saat menggunakan kapal dari Surabaya-Labuan Bajo, selama 2 hari saya melihat beberapa pulau-pulau Indonesia yang mungkin tidak bisa saya kunjungi. Saya juga akhirnya bisa melihat sisi Pulau Bali dari perairan utara pulau dewata tersebut sekaligus mempelajari peta Indonesia. Keren kan?

Lagi pula semenjak pemerintah membuka tol laut, banyak kapal yang memberikan akses untuk eksplor ke Indonesia Timur. Jadi tidak harus capek-capek untuk naik feri berkali-kali dari pulau ke pulau.

You May Also Like

0 komentar