Featured

MAU BIKIN BLOG? COBAIN 7 TEMA BLOG INI

by - Mei 03, 2019


Saya seringkali mengunjungi blog teman-teman saya yang tercantum di bio Instagram mereka. Beberapa di antaranya bahkan padanan katanya lebih EYD, dan sesuai grammar Bahasa Indonesia daripada tulisan-tulisan blog saya. Tapi bukan berarti tulisan gaya sembarangan tidak bagus, karena dengan melawan tatanan bahasa bisa saja lebih menarik pembaca.

Memulai blog yang ingin ramai dikunjungi itu tidak mudah. Kamu harus merencanakan apa yang akan menjadi tema blogmu supaya konsisten dan dibaca orang. Konten yang campur aduk, cenderung lebih tidak diminati pembaca.

Baca Juga: MENGAPA SAYA MEMILIH NGEBLOG DARIPADA NGEVLOG

Maka simak baik-baik tema-tema yang bisa jadi inspirasi buat kamu yang mau ngeblog.

Tema blog inspiratif


Blog seperti ini biasa dipenuhi dengan nasehat-nasehat untuk pembacanya. Mengedepankan aspek mengembangkan jati diri menjadi pribadi yang penuh akan energi positif.

Kalau mau lebih unik dan kreatif dalam mengembangkan blog inspiratif, cobalah membuat konten yang bisa berinteraksi dengan pembaca seperti membuka sesi curhat, atau masukan untuk suatu permasalahan. Pembaca cenderung senang bila direspon, atau suaranya ditanggapi.

Saya punya rekan untuk blog yang seperti ini. Nadya Elianna, dan masih saya baca-baca kontennya saat ini. Ada juga yang bisa mengikuti gaya Mark Manson yang blognya sangat multimedia sekali. Silahkan dibaca untuk referensimu.

Tema blog opini


Blog seperti ini menampilkan opini, esai dan penelitian dari penulisnya. Banyak yang bisa mengedukasi pembacanya. Perlu diingat, untuk membuat konten seperti ini harus menyertakan sumber-sumber penguat opininya agar tidak menyesatkan pembacanya, dan menghargai karya orang lain. Seperi jurnal ilmiah orang lain, buku, penelitian yang pernah ada.

Umumnya blog opini ini dilakukan oleh orang-orang yang pengaruhnya besar dan bisa menularkan opininya kepada orang-orang. Para pejabat pemerintah yang mengutarakan pemikirannya pun biasanya membuat blog bertema opini.

Saya memiliki beberapa contoh teman saya yang membuat blog opini, dan bisa menjadi referensi kamu untuk mengembangkan konten. Roy Thaniago, yang mengkaji berbagai permasalahan terutama media, dan Fadhil Djajasasmita yang lebih liar dalam pikirannya.

Tema blog review film dan buku


Untuk jadi blogger review film maupun buku, harus siap memahami dan update terjadap film-film  dan buku-buku terbaru dan mengikuti budaya populer yang sedang berlangsung. Blog untuk review atau ulasan film biasanya harus siap merogoh kocek karena harus sering-sering ke bioskop.

Pesan saya untuk yang mau jadi blogger review film, jangan nonton di situs bajakan ya!

Tema blog kuliner


Menjadi blogger kuliner harus pintar food photography. Sebab postingan-postingannya harus bisa membuat hasrat pembacanya untuk ingin makan juga. Blogger seperti ini juga harus pandai dalam mencicipi kuliner, dan mengerti bahan-bahan dasar suatu sajian kuliner, bahkan kalau bisa bikin bocoran resep.

Tema blog travel


Inilah yang saya lakukan, harus mengeluarkan uang dan kudu pintar-pintar dalam mengambil gambar yang bagus. Seorang travel blogger juga harus paham kondisi lapangan, dan juga memiliki kemampuan untuk bisa membuat perjalanannya menarik.

Buat kamu yang baru membuat blog konten travel, saran saya menulislah dengan gayamu bercerita dengan teman-teman. Sebab dengan cara ini kamu akan menemui karaktermu, dan lebih terbuka saat bercerita, tentunya juga membuatmu jadi senang menulis.

Yang seperti ini, saya beri contoh salah satu travel blogger yang menjadi inspirasi saya untuk memuat konten travel dengan gayanya sendiri: Ariev Rahman dan mendiang Cumi Lebay.

Baca Juga: TIPS MENULIS TRAVEL BLOGGING 

Tema blog teknologi dan sistem


Blog teknologi biasanya banyak yang mencari. Karena banyak dari kita akan mencari-cari informasi mengenai teknologi terbaru, atau mencari jawaban untuk permasalahan teknologi dan sistem.

Banyak yang bisa dibahas oleh blog bertema ini, mulai dari otomotif, ponsel terbaru, hingga bahasa pemrograman untuk komputer atau website.

Tema sastra dan budaya


Dulu sebelum blog ini ramai konten travel, pernah di isi dengan berbagai karya sastra dan budaya yang saya buat, bahkan sampai saat ini kamu bisa menemukannya di halaman ini. Konten sastra seperti ini biasanya menyimpan karyamu lebih banyak daripada harus membuat buku. Kamu juga bisa membuat konten ulasan seperti yang dilakukan tema review buku atau film.

Saran saya, buatlah konten sastramu menjadi populer di kalangan orang-orang. Buatlah gimmick unik dan menarik pembaca. Selain bahasa yang indah, kamu harus memakai template yang indah juga untuk dilihat pembaca.


You May Also Like

0 komentar